#TanpaBatasVol2: Komedian Menggugat … The Revolution Will Not Be Televised

Screen Shot 2014-02-04 at 4.18.28 PM

Tanpa Batas Volume 2 (#TanpabatasVol2) adalah tour ke-2 dari Sammy – @Notaslimboy, yang sekaligus lanjutan dari tour sebelumnya yang sudah digelar di 15 kota dengan tajuk Tanpa Batas.

Tour ke-2 ini akan melalui 10 kota yaitu: Palangkaraya (1-Feb), Banjarmasin (2-Feb), Jambi (8-Feb), Cikarang (15-Feb), Malang (22-Feb), Bengkulu (28-Feb), Bali (2-Mar), Garut (15-Mar), Kab. Bandung (22-Mar) dan ditutup di Jakarta (26-April), dengan bekerjasama dengan komunitas lokal – Standup Comedy Indonesia – di setiap kota sebagai event organizer. Untuk show terakhir di Jakarta, Sammy mengambil tempat di Graha Bakti Budaya (GBB) Taman Ismail Marzuki. Semangat kebersamaan untuk memajukan standup comedy membuat comic dan komunitas bahu membahu untuk menggelar event ini bisa terselenggaran di 10 kota.

Kenapa mengambil tajuk ‘Komedian Menggugat’? Ini semata mengembalikan kata ‘standup’ dalam ‘standup comedy’. Komedi memiliki tugas untuk menghibur, membuat orang tertawa. Komedian yang tidak lucu itu berdosa, lebih berdosa dari penyanyi yang sumbang. Namun selain lucu, Sammy percaya bahwa komedi adalah bagian kesenian, dan seni yang baik haruslah bersuara. Seni yang tidak bersuara hanya akan menjadi pajangan, hanya indah dilihat tapi tidak ada pesan yang disampaikan.

2014 adalah tahun politik, seniman komedi, menurut Sammy juga harus menyuarakan apa yang mereka percaya. Komedian Menggugat hadir untuk itu. Materinya akan sarat dengan kritik sosial, pengamatan terhadap kondisi politik Indonesia dan opini terhadap isu-isu terkini.

Apakah Sammy tidak takut dicap materinya terlalu berat, karena komedi kan seharusnya membikin tertawa dengan materi yang ringan? Sammy berkilah bahwa politik sebenarnya bukan hal yang berat. Undang-undang mengakui bahwa setiap Warga Negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas sudah memiliki hak politik untuk berpartisipasi dalam PEMILU. Artinya remaja 17 tahun harus mengerti siapa yang mereka pilih, harus mengerti politik. Menurut Sammy, ini bukan masalah memilih atau golput. Lebih baik golput dengan mengerti, dibanding memilih hanya ikut-ikutan. Pemilih ikut-ikutan ini yang sebenarnya adalah penyebab kenapa orang-orang yang tidak kompeten bisa mendapat kursi di negeri ini.

Sammy memang biasa kita saksikan di layar kaca di beberapa stasiun TV seperti: Metro TV, Kompas TV, Trans7 dan TVOne, namun tentu yang dia akan sajikan akan sangat berbeda saat live nanti. Dunia hiburan TV sekarang cenderung menyajikan yang itu-itu saja. Patern hampir semua stasiun TV dalam mencari rating hampir sama. Sebut saja Dahysat, Inbox, Pesbuker, YKS, dll, patern-nya hampir sama. Apakah salah? Tidak ada salah-benar dalam dunia seni dan hiburan. Tapi apakah semua pemirsa seperti itu seleranya? Tentu ada orang-orang yang mulai jenuh dengan hal yang itu-itu saja. Harus ada revolusi dalam dunia hiburan. Dan mengutip Gil Scott Heron, musisi dan juga aktivis  kulit hitam di AS, “The revolution will not be televised, the revolution will be live”

Banyak hal lain yang dibahas Sammy dalam tour standup comedy-nya kali ini. Untuk lebih jelasnya, tentu anda harus menyaksikannya sendiri. Anda harus menyaksikan bagaimana seorang komedian menggugat!

 

Advertisements

28 thoughts on “#TanpaBatasVol2: Komedian Menggugat … The Revolution Will Not Be Televised

  1. “Seni yang tidak bersuara hanya akan menjadi pajangan, hanya indah dilihat tapi tidak ada pesan yang disampaikan”
    kata kata ini menarik sebab seniman pantomim cenderung tidak bersuara. tapi kecenderungannya kami juga punya pesan yang bisa disampaikan kepada penonton kami. jadi, salam kesenian om -)

    Like

  2. komedian menggugat, keren banget judulnya

    padahal isi sebenarnya pertunjukan ini ya cuma….. orang gendut lagi nyinyir,

    di twitter bejibun noh orang nyinyir, bukan cuma si gendut doang, banyak yang lebih lucu lagi, gak garing kayak doi,

    liat noh, indonesia lawak club, ada di youtube, liat si gendut di situ, kebanting banget doi ama komedian2 yang lain, paling gak lucu sendiri, sok pengen ngomong keren tapi jadinya malah krik…. krik…..

    Like

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s