Silogisme

Apa yg terlintas di benak elo kalau gua sebut kata ‘mayoritas’. 99% orang Indonesia akan menyebut Islam. Padahal gua tidak menyebut dalam konteks apapun secara khusus.

Sebenarnya mayoritas adalah istilah statistik untuk mengidentifikasi kumpulan dengan populasi 1/2 lebih dari sebuah himpunan yang lebih besar.

Entah kenapa di Indonesia, top of mind langsung mengarah ke populasi pemeluk agama. Kata mayoritas itu sangat luas cakupannya. Jika dibanding kaum gay dan lesbi maka straight itu mayoritas. Jika dibanding orang kaya, maka orang miskin dan hampir miskin itu mayoritas. Jika dibanding orang pintar, maka yang bodoh itu mayoritas.

Kata mayoritas ini kemudian sering disalahgunakan. Seolah kalau jumlahnya lebih banyak maka haruslah yg lebih diprioritaskan. Masih mending kalau hanya bicara prioritas, sering kali malah, kalau kelompoknya lebih banyak, berarti kelompoknya yang paling benar. Padahal di rumah sakit jiwa, pasien sakit jiwa itu mayoritas dibanding dokternya.

Bila jumlah anggota dlm koalisi KMP lebih banyak, apakah pasti benar. Yang jelas jumlah orang bodoh itu pasti lebih banyak. Dan bila kita menggunakan silogisme ini akan terjadi logical fallacy. Penggiringan opini dengan cara mengambil kesimpulan yang salah, walaupun bisa jadi memang anggota KMP itu bodoh. Tapi KIH lebih bodoh lagi kalah sama orang bodoh. Lalu pemilih Jokowi itu bodoh, karena lebih banyak dari pemilih Prabowo.

Itulah, karena kita mempersempit kata ‘mayoritas’, akhirnya timbul kebodohan baru.

Jadi menurut silogisme ini, maka seorang gay, kaya, memilih Prabowo, tapi malah masuk parlemen di koalisi KIH dan seorang pemeluk Ahmadiyah dengan profesi dokter jiwa.. adalah orang paling GENIUS. Selamat utk orang ini – kalau memang ada.

Yes… makin ngaco.

Advertisements

2 thoughts on “Silogisme

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s