Siapa Presiden Favoritmu?

Presiden baru nih. Boleh dong kita kilas balik sedikit soal Presiden Indonesia di waktu lampau.

Siapa Presiden favoritmu? Kalau gua sih Gus Dur. Jenaka dan intelek dalam satu paket. Gua banget (muji diri sendiri).

Jenis humor Gus Dur adalah satire. Hanya saja jabatan Presiden terlalu sempit mewadahi keluasan pikir doi. Jadinya mentok. Dia bitter realist, seorang Presiden harus bicara manis dan normatif. Sungguh itu bukan kepakaran Gus Dur. Tak sampai dua tahun dia harus dilengserkan.

Seorang yang realistis terkadang terlihat pesimis memang. Bayangkan dalam sebuah pertemuan dengan petani ada yang bertanya, “Bagaimana nasib kami. Pemerintah, kami harus bersaing dengan produk impor…” Dengan enteng doi jawab, “Kalau ada pekerjaan lain, jangan jadi petani…” Terlihat seenaknya, tapi itu kenyataan. Sayangnya itu keluar dari mulut seorang Presiden, coba dari komedian seperti saya. Pasti lain hasilnya.

Bagaimanapun Gus Dur selalu kukenang. Selalu tersenyum sendiri bila mengingat Indonesia pernah punya Presiden seperti doi.

Gus Dur adalah Presiden favoritku. Tapi bukan yang paling kukagumi. Yang kukagumi tetap Soekarno. Bayangkan, dia berjanji akan menggoncang dunia bila diberi sepuluh pemuda. Sayangnya doi lebih suka berkumpul dengan sepuluh pemudi.

Advertisements

7 thoughts on “Siapa Presiden Favoritmu?

  1. Saya lahir di zaman Soeharto menjabat, sedangkan di zamannya habibie, gusdur, mega saya masih terlalu polos untuk menjudge siapa yg bagus dan siapa yg tidak. Ketika saya mulai paham, saya berada di zamannya SBY. Dan SBY bukan favorit saya. Mau memfavoritkan Jokowi, dia baru 2 bulan kerja. Haha.. jadi saya memilih bang sam sajalah sebagai favorit dulu, sapa tau jadi Presiden. XD

    Like

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s