Gimana Sih Soal Pembubaran Ormas (Maksudnya FPI)

Apakah gua setuju FPI dibubarkan? Gini aja, kalau ada pelanggaran Ialu-Iintas dilakukan oleh anggota FPI tindak saja. Pelanggaran Iain ya juga tindak. Logika yg sama pernah digunakan pada PKI yg notabene parpol pertama yg menggunakan kata Indonesia. Yang juga melahirkan salah satu founding father Tan Malaka, pejuang buruh Semaoen, dan sederet nama yang ikut serta dalam perjuangan Indonesia melawan kolonialisme. Namun dituduhkan sepihak G30S adalah kesalahan PKI secara massal.

Aidit tidak pernah diadili, ditembak dalam perjalanan saat sudah ditangkap dan tidak melawan, dan misalnya pun dia yg bertanggungjawab maka mana mungkin kesalahan ditimpakan pada PKI secara organisasi. Sampai buruh tani di pedesaan dan seniman Lekra, apa mungkin secara massal berkonspirasi pada sebuah misi rahasia pembunuhan 7 Jendral di Jakarta. Tidak sampai situ. Bahkan ajaran Marxisme dan Leninisme pun dilarang. Apakah adil bila ada teroris yang mengatasnamakan Islam maka Islam sebagai agama juga dilarang. Itulah yg terjadi. Generalisasi dan Iabelisasi.

Di AS, dulu kulit hitam adalah budak. Tidak punya hak politik sama sekali. Siapa yg memperjuangkan hak-hak mereka? Abraham Lincoln dan Partai Republik – walau kemudian dituduhkan alasannya bukan murni kemanusiaan – tapi utk menambah kekuatan politik Partai Republik. Whatever lah. Intinya yg memperjuangkan hak politik kulit hitam di AS adalah Partai Republik, dan Partai Demokrat menolaknya. Republik yg menang pada akhirnya.

Apa yg terjadi seabad kemudian. Barrack Obama terpilih menjadi presiden AS, dia adalah presiden kulit hitam, African-American, pertama AS. Hey, dia dari partai Demokrat, yang di era Lincoln menolak hak-hak kulit hitam.

Roda berputar. FPI tidak perlu dibubarkan. Pelanggaran hukum yang dilakukan anggotanya saja yang ditindak. Toh dibubarkan pun, kalau pentolannya ada akan buat FPI Perjuangan. Berkaca pada Obama, siapa tahu di abad 22 nanti pejuang HAM dan pluralisme datang dari ormas ini. Gerakan pluralisme ini mungkin saja dipimpin seorang yang bernama Habib Rizieq IV atau Habib Selon Jr.

Keep your faith.

Advertisements

6 thoughts on “Gimana Sih Soal Pembubaran Ormas (Maksudnya FPI)

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s