[REBLOG] Petunjuk Pelaksanaan: Gerakan 1, Berjualan Pulsa Dekat ATM

Petunjuk Pelaksanaan: Gerakan 1, Berjualan Pulsa Dekat ATM

Kawan-kawan yang baik

 

Terima kasih sudah berkenan mengirimkan biodata untuk menjadi relawan Gerakan Melawan Secara Legal. Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, gerakan pertama kita ialah berjualan pulsa di depan ATM secara serentak pada 1 Maret 2015 pukul 09:00 WIB.
Untuk pelaksanaan gerakan pertama ini, berikut panduannya:
  • Tidak mengganggu pelanggan.
  • Tidak memasuki area privat bank, termasuk bilik ATM. Cukup di trotoar atau di depan ATM atau di area parkir jika ada.
  • Tidak perlu memaksa orang untuk membeli pulsa. Lebih baik dengan memakai kaos atau poster berisi ajakan santai, seperti “Kalau ke ATM untuk urusan perbankan, silakan. Kalau untuk beli pulsa, ke kami saja — @legalmelawan”
  • Daftar grosir tidak jadi kami berikan untuk menghindari tuduhan promosi grosir tertentu. Kawan-kawan bisa beli dari retailer terdekat–bisa pulsa fisik atau elektronik.
  • Dokumentasikan gerakan kawan-kawan. Bisa dalam bentuk foto (selfie) untuk ditayangkan di media sosial dengan hashtag #legalmelawan. Lebih baik lagi jika bisa rekan video untuk menyusun dokumenter gerakan. Jika ada pelanggan yang bisa diwawancara lebih bagus, tapi jangan memaksa.  Orasi saja, selfie boleh. Sebaiknya datang berdua atau lebih, biar nggak bete kalau nggak ada yang beli. Orasi soal apa yang ada di dalam manifesto, sambil baca tidak apa-apa. Tidak perlu ada massa, cukup pandangan ke kamera dengan latar belakang bank atau ATM, tapi jangan ganggu ranah privat, tetap dijaga.
  • Video bisa kawan-kawan upload ke YouTube, Twitter, atau Vine dengan mention akun @legalmelawan agar bisa kami monitor serta bantu penyebarannya.
Demikian panduan pelaksana Gerakan 1: Berjualan Pulsa di Depan ATM. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, kawan-kawan bisa langsung membalas email ini atau sampaikan pertanyaan ke akun @legalmelawan.
Kawan-kawan juga bisa membaca tinjauan hukum serta manifesto dari gerakan ini di sini. Jangan lupa sebarkan semangat ini di media sosial dengan bersama-sama menayangkan tweet sebagai berikut:

1 Maret, gerakan @legalmelawan akan berjualan pulsa di depan ATM. Baca manifestonya di https://melawansecaralegal.wordpress.com #legalmelawan 

Terima kasih dan mari bergerak secara legal!
Salam,
Advertisements

One thought on “[REBLOG] Petunjuk Pelaksanaan: Gerakan 1, Berjualan Pulsa Dekat ATM

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s