Apa Itu ISIS ?

Beberapa waktu yang lalu, Setara Institute melakukan survey kepada pelajar di beberapa SMU di Bandung dan Jakarta. Survey dilakukan untuk mengetahui pandangan para siswa terhadap gerakan Islamic State of Iraq and Syria atau lebih beken dengan singkatan ISIS. Hasilnya, 515 dari 684 responden tahu tentang ISIS. Dari 515 responden tersebut, 75,2% tidak setuju dengan ISIS, 15,3% tidak tahu dan 9,5% atau sekitar 49 siswa menyatakan setuju dengan ISIS.

Jumlah yang cukup banyak untuk membuat kita lebih waspada mengingat gerakan ISIS ini tidak hanya menjadi teror di Indonesia, tapi juga banyak negara di dunia. Baik yang direkrut untuk menjadi bagian dari mereka, atau bahkan menjadi korban dari gerakan sok-sokan tersebut. Kalau dipikir-pikir, dengan jumlah tersebut lebih dari cukup untuk membuat JKT48 tandingan.

Tapi, hasil survey Setara ini pun tidak bisa dikunyah dan ditelan begitu saja mengingat respondennya, seperti yang dijelaskan di atas, adalah siswa SMU. Siswa SMU kekinian yang lebih peduli tiket One Direction dan kuota internet daripada sekedar survey-surveyan. Berikut ini dua hal yang membuat survey Setara Institute gagal.

Yang pertama adalah karena yang disurvey adalah anak sekolah di Indonesia yang banyak PR nya, jadinya ya boro-boro mikirin survey, mendingan ngerjain PR sambil makan mie instan. Coba kalau yang di survey itu pelajar di Finlandia, yang guru-gurunya gak pernah ngasih PR, niscaya para siswa akan fokus dan hasil surveynya bakal lebih akurat. Mungkin.

Yang kedua karena Setara Institute melakukan survey mendekati UN. Walaupun kata pak menteri mulai tahun ini UN tidak lagi menjadi standard kelulusan, tetap saja UN menjadi mimpi buruk bagi para siswa. Maka tak heran menjelang UN nanti pusat-pusat bimbingan belajar ternama seperti Neutron, Ganesha Operation dan Seven Eleven menjadi tempat yang paling diminati orang tua pelajar pelajar. Jadi saat orang-orang Setara bertanya, “apakah kalian setuju dengan ISIS?” para siswa akan menjawab, “maaf pak, bisa ditunda, ada jadwal bimbel”.

Berikut ini petikan survey yang berhasil dirangkum oleh tim Reportase (yang bisanya cuma) Investigasi.

Setara : apakah kalian setuju dengan gerakan ISIS?

Siswa 1 : tidak setuju

Siswa 2 : setuju, asal Zayn Malik gak jadi resign

Siswa 3 : hasil surveynya boleh dishare ke Path?

Siswa 5 : hari gini masih wawancara, pake Google Form dong pak

Siswa 6 : kalau jawab bisa dapet voucher Lazada?

Siswa 7 : setuju!! Institusi Siswa Intra Sekolah, kan?

Siswa 8 : kok nomor 4 gak ada?

Siswa 9 : setuju! aku suka ngisis pak. (Ngisis = cari angin)

Siswa 10 : isis ceres? (bukan promosi)

 

Jadi buat para orang tua, jangan takut ISIS, karena ada gerakan yang jauh lebih berbahaya. MLM!!.

Advertisements

3 thoughts on “Apa Itu ISIS ?

  1. hehehehhehe jaga jaga aja sih semoga dengan adanya internet dan masalah politik juga duo srigala negara ini, ngak usah mikirin ISIS lagi,and ngak perlu repot gua jakin kok isis bakalan mikir 2 kali klo mau ganggu indonesia, pasti dia ngak bakalan kuat menghadapi kirsuh politik di negeri ini belum korupsinya belum ahok nya, hemmmmm
    susah ngahancurin nieh negara
    huehahahhahhaha

    Like

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s