Mur dan Baut

Sejenis adalah satu jenis. Mur dan baut adalah berbeda jenis. Karenanya mur dan baut bersifat saling melengkapi. Mur adalah pelat logam yang biasanya berbentuk segi enam atau segi empat yang mempunyai lubang berulir sekrup untuk menguatkan baut. Sedangkan baut adalah besi batangan yang berulir (untuk menyambung atau mengikat dua benda), biasanya dipasangkan dengan mur. Definisi dari baut dan mur tersebut sungguh menunjukkan keterkaitan yang sangat erat antara mur dan baut. Baut di colokkan kedalam mur.

Bagaimana bila mur di colokkan dengan sesama mur. Ya tidak akan bisa terkait, cuma bisa saling bergesek-gesakan saja. Begitu pula dengan baut bila dikaitkan dengan sesama baut. Ya tidak akan bisa terkait, cuma terlihat seperti adu tusuk-tusukan. Yang memang pas adalah mur dengan baut, bukan mur dengan mur dan bukan baut dengan baut. Sejenis membuat sebuah barang tidak bisa berfungsi dengan layak. Mur tak bisa di colok tanpa baut. Baut tak bisa mencolok tanpa mur.

Lalu kemudian bagaimana bila beredar baut kw, yang terbuat dari plastik, bukannya dari besi batangan. Ya tetap saja tidak akan membuat mur dicolok sebaik oleh baut ori. Hanya unsur rasanya saja yang terpenuhi, namun unsur fungsinya menjadi terabaikan begitu saja. Dipilin-pilin di pulir lalu di pelintir, tetap saja tidak akan membuat baut kw itu sebaik baut ori. Akhirnya penggunaan baut kw dilarang, dan mur tidak boleh di gesek-gesekkan oleh sesama mur. Mur harus di pasangkan dengan baut.

Sepanjang sejarah, kendati sudah dilarang oleh pencipta mur dan baut, mur yang senang di gesek-gesekkan dengan sesama mur, dan para baut yang senang saling beradu di hancurkan oleh penciptanya dalam berbagai kesempatan. Tapi hal ini tetap saja membuat sesama mur sejenis dan sesama baut sejenis tidak kapok-kapok, bahkan kemudian mendeklarasikan sejenis. Rasa lebih penting daripada fungsi. Padahal sang pencipta sudah jelas-jelas menciptakan mur dan baut untuk saling terkait.

Disebuah negara, sejenis mur dan sejenis baut di perbolehkan untuk saling terkait dan saling menggesek-gesekkan. Mungkin sang pencipta sudah kadung muak dengan apa yang terjadi di negara itu sehingga masa bodoh dengan apa yang akan terjadi dengan mur dan bautnya. Sementara itu di sebuah negeri yang katanya menekankan pada indahnya peraturan yang hakiki, bahwa mur hanya boleh terkait oleh baut, ada seorang artis yang luar biasa jeniusnya menyampaikan dukungannya terhadap sejenis mur dan sejenis baut dan mengatakan bahwa mur dengan mur dan baut dengan baut adalah sebuah hal yang harus dibanggakan.

Mungkin artis itu belum pernah merasakan baut yang ori. Mungkin ia senang dengan mur dan karenanya baru pernah mencoba baut yang kw yang mungkin terbuat dari plastik. Barangkali ada yang mau sukarela memberikan artis itu baut ori?

Advertisements

7 thoughts on “Mur dan Baut

  1. Untuk lebih memahami filosofi Mur & Baut sewaktu STM. Mur ( Murni) & Baut (Bautista), MURni berlubang & BAUTista berbatang. #Keluar Masuk, #sambil nonton JAV dapet theory ini.

    Like

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s