Mitos tentang Membaca: Kegiatan Kutu Buku yang Nggak Asik

Mitos, adalah sebuah kepercayaan tanpa bukti, tapi sama-sama dipercaya, karena semata nggak ada yang berani menggugat, ogah ribut, biar cepet beres dan alasan-alasan serupa. Mitos angka 13 misalnya, angka sial. Mitos ini membuat gedung-gedung melewati angka ini, dari 11, 12, ke 12A atau langsung ke 14. Nomor rumah di sebuah jalan di komplek pun seperti itu. Developer takut nanti tidak ada tenant yang tertarik menyewa di lantai 13 karena alasan mitos ini, jadi sebenarnya developer tidak akan masalah kalau memang dipastikan akan ada tenant yang menyewa atau membeli ruangan kantor di lantai 13 gedung yang mereka bangun.

Dari sisi tenant, mereka tidak mau menyewa di lantai 13, semata takut kantornya nanti sepi pengunjung. Tidak ada orang yang mau bermitra, datang ke kantor saja malas. Walau mereka punya solusi yang terbaik, tidak ada client yang mau melihat, habisnya kantor mereka di lantai 13. Jadi tenant tidak punya masalah pribadi dengan lantai 13 ini, ini semata jaga-jaga perasaan client atau calon client. Jadi kalau dipastikan ini tidak mempengaruhi client, mereka mau saja kok menyewa di lantai 13.

Dari sisi client, mereka sebenarnya tidak masalah untuk datang ke sebuah kantor konsultan, misalnya, yang terletak di lantai 13 sebuah gedung, kalau memang mereka bisa memberikan solusi yang baik. Tapi mereka mau pergi ke mana? Wong, nggak ada lantai 13 di seluruh gedung di Jakarta.

Itulah mitos, sesuatu yang tidak ada satupun pihak yang percaya, tapi keadaan membuatnya jadi sesuatu yang ditakuti. Tidak ada yang pernah jadi korban mitos, tapi semuanya keep it silent, nggak usah dibahas, nggak penting punya, ogah ribut, dan lain-lain.

Seperti mitos, membaca itu nggak asik, kutu buku itu nggak gaul. Kalau ada kutu buku yang nggak gaul, itu nggak ada hubungannya dengan kebiasaan dia membaca. Yang nggak gaul dengan alasan buku mungkin jumlanya lebih banyak. Saya tidak terbiasa membuat sesuatu tanpa membuktikannya. Jadi saya buktikan dalam bentuk video. Dari hasil membaca saya, ada hal-hal yang sepertinya dianggap berat, malah jadi asik. Cuman 7 menit, tapi berharga bagi saya untuk ditonton, kalau bagi anda, mudah-mudahan berharga juga, hahaha.

Subscribe channel saya, saya akan bagikan review buku-buku asik ke depannya. Kalau elo malas baca, setidaknya channel ini memberikan perangsang untuk itu, atau kalau masih malas, setidaknya beberapa menit tentang buku yang saya ulas bisa anda anggap sebagai proses membaca buku, hehe.

Regards,

Sammy – not a slim reader (now become not a slim reviewer)

 

Advertisements

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s