Bisa Tumbuh Lagi?

Pernyataan bahwa yang namanya pembakaran hutan bukan merupakan pencemaran atau merusakkan hutan karena pohon yang dibakar bisa tumbuh lagi adalah sebuah pernyataan yang luar biasa jenius, cerdas dan intelek (awal kalimat ini memang sengaja disampaikan dengan gaya bahasa yang satir dengan menggunakan majas ironi dimana makna yang dimaksud bertolak belakang dengan apa yang ditulis.

Atau mungkin memang rakyat Indonesia yang terlalu sibuk membahas martabaknya Gibran, sehingga tidak mengetahui bahwa mungkin saja dalam undang-undang sudah diupdate bahwa yang namanya pembakaran hutan bukan sebuah pelanggaran hukum? Tolong saya.diberitahu jika perubahan itu memang ada. Tapi ah tidak mungkin rasanya.

Atau mungkin kita yang waras perlu mengalah dan bersepakat bahwa pembakaran hutan bukan sebuah pelanggaran.

Hukum itu katanya memang buta. Matanya ditutup selembar kain sembari memikul kedua timbangan sama tingginya. Sekali lagi tolong saya dikoreksi kalau saya salah. Yang dimaksud dengan hukum itu buta adalah hukum tidak memihak kepada siapapun karena semua dianggap setara dalam hukum. Bukan buta karena tidak bisa melihat aturan mana yang jelas-jelas dilanggar. Bukan buta karena silau (ah, jadi berburuk sangka).

Keputusan tersebut bisa menimbulkan preseden atau menjadi yurisprudensi bahwa hal tersebut bila dilakukan oleh pihak lain, maka tidak akan dihukum.

Tapi kalaupun itu tidak melanggar hukum, tidakkah hakim itu melihat bahwa pembakaran hutan menimbulkan dampak yang bisa merugikan negara. Coba dihitung berapa banyak anak sekolah dan mahasiswa yang terpaksa harus diliburkan? Masa depan generasi penerus bangsa itu yang sedang anda pertaruhkan dengan keputusan anda yang absurd.  Coba dihitung pasar, minimarket, mall dan pusat perbelanjaan yang ditutup? Berapa banyak pedagang tidak bisa berdagang? Berapa perputaran keuangan yang seharusnya bisa menggerakkan perekonomian diwilayah yang terkena asap yang seharusnya bisa berputar? Berapa banyak orang-orang yang dibawa kerumah sakit gara-gara asap? Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk bisa menghilangkan asap?

Jangan bilang itu semua tidak bisa dihitung. Itu semua adalah kerugian negara. Kerugian masyarakat. Kerugian masa depan yang mungkin saja akan terjadi.

Pohon bisa tumbuh lagi? Anak SD juga tahu karena diajari oleh guru biologinya.

Advertisements

One thought on “Bisa Tumbuh Lagi?

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s