Blogcast Episode 3: Bincang Santai Ilmuwan vs Pelawak tentang Lingkungan

LINGKUNGAN

Sepertinya agung sekali ya memikirkan nasib bangsa ini, ah sebenarnya tidak juga. Terutama soal lingkungan. Kita sedikit maju ketika melangkah dari mewariskan harta dan kemudian condong mewariskan ilmu. Tapi dipikir-pikir, tanpa lingkungan semua percuma. Sumber daya alam habis, lingkungan rusak, harta jelas tidak berarti dan ilmu pun akhirnya hanya dipakai untuk bertahan dari bencana, tidaklah nikmat, setiap hari memikirkan bagaimana untuk survive.

Kali ini saya berbincang dengan seorang ilmuwan, peneliti, aktivis yang juga peduli lingkungan. Beliau mengaku bahwa keberadaan seniman – pelawak – perlu untuk menjelaskan rangkaian pengetahuan yang terlalu mendetil dan njlimet. Di sisi lain saya pun tergugah mengetahui jauh lebih dalam soal lingkungan.

Beliau sedang berada di Tokyo, namun teknologi menyambungkan kami. Lewat Skype – bukan sponsor – kami berbincang tentang lingkungan dan sedikit ngalor-ngidul. Karena bukan saya kalau tanpa ngalor-ngidul. Yang jelas kami berdua menjalankan aktivitas pagi ke sore dengan menjalankan kewajiban kami masing-masing, sebagai profesional di bidang kami masing-masing, mencari nafkah, tapi malamnya sungguh sebuah keberuntungan kami bisa berdiskusi dan saling memperkaya gagasan.

Seperti kata seseorang – yang tak perlu saya kutip karena nanti saya dituduh yang bukan-bukan. Pagi berburu, siang memancing lalu malamnya jangan lupa, berfilsafat. Silakan di-googling kalau memang dapat.

Mari, kita hubungi Pak Marco Kusumawijaya di Tokyo, Jepang.

Advertisements

Komentar, pertanyaan, sanggahan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s